Membaca

Sejak kecil rumahku penuh sesak dengan buku-buku beratus-ratus kepunyaan mama. Dia suka sekali baca buku.. khususnya beli buku. Mama ingin aku juga menyukai buku, jadi dia membelikan aku komik pada awalnya, supaya aku tertarik untuk membaca. Koleksi majalah donal bebek ku ada 2 dus besar di gudang, dan buku-buku bergambar, buku-buku pengetahuan, buku komik sudah memenuhi 2 lemari di rumahku. Tentu saja masih kalah dengan mama punya lemari buku memenuhi 1 sisi tembok sepanjang rumahku.
Kemarin aku ke Gramedia PIM sama Karina. Sudah berbulan-bulan aku tidak ke mall ataupun gramedia. Pada awalnya aku mau membeli komik detektif conan yang terbaru, ternyata masih nomer 40 (aku sudah beli), jadi aku beli komik detective school nomer 5, 6, 7. Penggambar komik ini sama dengan penggambar komik detektif kindaichi, yang kadang-kadang ada gambar-gambar betis mulus dimana-mana. Hehe. Lalu aku muter-muter lihat buku anak-anak bergambar karangan Richard Scarry, aku jadi ingat buku ku waktu kecil, sayangnya buku itu sudah hilang, jadi aku comot saja satu. Wah.. harganya 44.000.

Sambil menunggu kasir kosong, aku muter-muter di bagian sastra. Aku jadi ingat sebelum aku ke Singapore kemarin, aku beli bukunya Fira Basuki yang berjudul Pangil Aku Miss B. Buku ini menemaniku selama di Singapore, selama naik bis SBS ke Orchard Road, selama menunggu papaku untuk pulang ke hotel. Aku suka karangan Fira Basuki. Bahkan buku trilogi nya Jendela-Jendela, Pintu, dan Atap pun mengingatkan aku akan Singapore (yah kan Fira sendiri tinggal di Singapore). *back to gramed* Aku langsung comot buku seri ke dua-nya “Miss B” (Will You Marry Me), lalu kuambil juga yang Rojak (settingnya Singapore), Biru (aku belum sempet baca), dan Saman – Ayu Utami (someone said to me to read this). Hah.. sudah banyak buku yang ku pegang, sampai staff gramed memberiku tas plastik untuk menenteng belanjaanku. Tiba-tiba mataku melihat Da’Vinci Code (yang terjemahan).. wah.. bestseller tuh! Duh, 68.000!! Belum lagi menghitung berapa harga buku-buku Fira yang sudah kuambil. Kucoba ambil juga deh.. aku pikir, jarang-jarang lah aku beli buku segini banyak. Sambil melewati kasir, mataku melihat buku dengan cover kartun lucu.. tentang astrologi. Tidak tahan aku untuk tidak mengambil.. *please deh golda.. hehehe*.

Sampai di kasir, aku tanya ke kasir untuk pinjam kalkulator.. damn.. 298.000!! akhirnya kurelakan buku Richard Scarry dan Da’Vinci Code, kupikir bisa kubeli lagi kapan-kapan. Karina sampai geleng-geleng kepala, dia kira aku mau menghadapi liburan, jadi beli buku banyak-banyak. Jadi total pembelian buku ku kurang sedikit dari 200.000. Hmm.. harus mengisi kembali dompet ini dengan tabunganku..

If you interested:
http://www.firabasuki.cjb.net/

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *