Darius, My Friend

Pagi ini aku mendapat kabar buruk tentang teman SMP ku yang sudah lama tinggal di New Zealand. Ayahnya koma. Entah sakit karena apa, tapi dia lagi sedih banget pas menjelaskan di MSN Messenger. Jadi aku ngga mau bertanya lebih lanjut. Mereka sekeluarga bermaksud kembali ke Indonesia, setelah 7 tahun jadi PR (permanent residence) di NZ.

Teman ku ini yang masih belum menyelesaikan S1 nya, mesti pulang ke Indonesia, dan mencari kerja. Bahasa Inggrisnya lancar (written & spoken). Punya sertifikat bartending. Tapi mau cari kerja yang seperti apa di Jakarta ini? Atau mungkin di Bali? Aku harus bantu dia cari kerja, aku juga butuh bantuan teman-teman yang mungkin bisa kasi ide atau jalan..

Hidup ini unpredictable. Disaat kita hidup sudah terlihat settle, tenang, tiba-tiba bisa berubah drastis hanya karena 1 masalah. Aku kuliah di bidang Manajemen Rumah Sakit selama 5 tahun. Aku jadi mengerti bahwa kesehatan sangat penting. Bila ada salah satu anggota keluarga yang sakit, otomatis sekeluarga (bisa jadi termasuk keluarga besarnya) pasti kalang kabut ngurusin anggota keluarga itu. Akibatnya ngga susah ditebak, yaitu: masalah uang.

Coba kita lihat, program kesehatan yang men-support keluarga dalam segi uang, adalah pihak asuransi. Tapi asuransi kesehatan di Indonesia tidak berdampak banyak. Peserta asuransi kesehatan (pemerintah maupun swasta) tidak mencakup sebagian besar rakyat. Tidak seperti di Amerika, yang semua orang mempunya sosial secure. Amerika tau bahwa biaya kesehatan tidak murah, maka dari itu Amerika membuat agar seluruh rakyatnya mempunyai asuransi kesehatan.

Asuransi sendiri, sebenarnya tidak menipu, tidak merugikan, asal pesertanya banyak. Sama seperti cara kerja Fren Mobile 8, kalau banyak teman kita yang memakai, pasti biaya bulanan jadi lebih irit. Disaat peserta asuransi yang sebagian besar tidak sakit, biaya nya bisa untuk membantu peserta lain yang sakit, begitu seterusnya dan tidak ada habisnya.

Di Indonesia, sehari sebelum Mantan Pres Megawati berhenti menjadi presiden (19 Oktober 2004), beliau mengesahkan UU No. 40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Isinya termasuk dalam Jaminan Sosial (kesehatan, kematian, kecelakaan kerja, hari tua, pensiun) dan Jaminan Kesehatan (asuransi kesehatan). SJSN ini akan merekrut PT Askes, Jamsostek, Asabri dan Taspen. Keuntungannya tentu lebih baik dari apa yang ditawarkan asuransi kesehatan yang ada saat ini. Seperti: keuntungan dibagikan ke peserta, protabilitas (bila pindah kerja, askes nya akan mengikuti), transparant, wajib untuk semua orang. Untuk itu tiap individu akan mempunyai nomer unique yang sama seperti KTP, yang akan digunakan untuk nomor asuransi nya. Mirip seperti di Amerika (btw.. kalau ada contoh / sample yang bagus, kenapa ngga kita contoh saja, iya nggak?).

Keluargaku tidak ada satupun yang ikut asuransi kesehatan. Paling-paling juga asuransi kendaraan, itu pun jarang sekali claim nya. Tapi apa sih inti kegunaan asuransi? Asuransi itu kegunaannya mengalihkan risiko yang akan didapat. Risiko sendiri datangnya tiba-tiba, dapat dialihkan kepada Perusahaan Askes. Jadi disaat kita-nya sakit, ngga perlu mikirin tentang biayanya lagi. Lagipula, kalo kita sakit, artiya ngga kerja, ngga dapet pendapatan (tambah pusing dengan urusan pembayaran uang). Dengan adanya asuransi, risiko bisa dialihkan (ditransfer, kalo kata dosenku) dan tidak akan membebani kita. Karena akan terbayar dari premi tiap bulan.

Aku bukan petugas askes, bukan marketing askes, bukan pemakai askes. Dengan aku cerita ini, aku berharap kalian mengerti maksud dari askes. Aku tidak mengharapkan kalian menjadi peserta askes, itu hak kalian, terserah kalian. Aku pun mungkin juga tidak akan ikut askes, who knows. Tapi yang aku tau, minggu depan aku ujian dengan mata kuliah Asuransi Kesehatan. Pengetahuan askes ku tidak sebanyak teman-teman kuliahku yang di jurusan Asuransi Kesehatan, tapi paling tidak aku mengerti garis besar perjalanan askes di negeri ini.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *