Phó (Vietnamese Beef-Noodle Soup)

Bahan:
1 porsi Banh Phó (mie beras) – rebus dan tiriskan
5 lembar gaging sapi tipis (yg biasa untuk sukiyaki) / beef flank jika ada
Air untuk kuah nya – seberapa anda suka

Bumbu-bumbu:
1 block kaldu sapi
½ sdt bubuk cardamom
½ sdt bubuk pala
½ sdt bubuk kayu manis (cinnamon)
3 sdm Nuoc Mam (Vietnamese fish sauce)

Tambahan:
Cabe hijau beberapa – potong tipis-tipis
Bawang bombay – potong menjadi onion rings (hanya perlu 2 atau 3 saja)
Sejumput daun kemangi (cilantro)
Sejumput tauge (atau cambah, kata orang jawa)
1 potong jeruk nipis

Masukkan air untuk kuah di panci kecil (yg biasa untuk masak mie instant) dengan api kecil. Masukkan lembaran daging sapi tipis. Masukkan kaldu daging sapi, semua bubuk dan nuoc mam. Bila daging sudah matang, kuah siap dihidangkan dengan rebusan mie Pho dalam mangkok. Hidangkan tambahannya sebagai pelengkap.

Sebelumnya perlu eiks jelaskan bahwa resep ini didapat bukan dari nyolong resep di resto Pho Hoa (secara gw penggemar berat mie Pho Hoa), tetapi berkat si Mbak Susi (X-pembantu nyokap) yang amat sangat jago masak, yang tinggal nyicipin mie Pho Hoa-nya & bisa menjabarkan rumus-rumus bumbunya. Alhasil, rasanya mirip abisss!! So, gw ngga perlu ngabisin duit 25.000 unt porsi sedang / 50.000 untuk porsi besar (kalo lagi kemaruk) di Pho Hoa.

You Might Also Like

9 thoughts on “Phó (Vietnamese Beef-Noodle Soup)
  1. aduh mas QI ini selalu jadi yang nomer satu komen di blognya golda deh:D. ada apa yaaaa;)?

    golda, masa mas qi aja yang dikirimin mie pho hoanya, gue juga suka lhooooo…. ntar tak urut deh *wink2*

  2. RIO, gara2 nulis resep ini, kemarin & hari ini lunch nya Mie di Pho Hoa.
    Pas dtg, ternyata namanya ganti Mie Vietnam. Cerita punya cerita, franchaise nya udah habis.. But.. harganya jadi murah, yg medium hanya 16.000 (blm PPN).
    Jadi, teuteup dimasakin / diajak ke sana aja nih?

  3. DOEL, emang sih di daratan Aussie dan NZ kebanyakan org Vietnam, makanya masakan ini menjamur disana. Boleh dong di cek apa resep ini masih ada kekurangan / tidak :p
    Boleh juga ajarin saya cara memasak menurut situ? 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *