Book Baton

Ah, sudah lama rasanya aku ngga menulis lagi. Padahal udah selesai skripsi, udah wisuda pula, udah menuntaskan pekerjaan yang kemarin tertinggal. Bisa jadi gara-gara terlalu sering ngeJUNK di Aidi Jimel ataupun ikutan arisannya. Kali ini aku mau menjawab hasil sambitan dari Gita dan Noldie yang telah repot-repot memasukkan namaku dalam list orang-orang yang disambit book baton.

Buku, seperti halnya Musik Baton, aku juga punya banyak cerita tentang topik yang satu ini. Siapapun yang pernah kerumahku akan takjub melihat rak buku yang memenuhi sebagian besar dinding dalam rumah. Mamaku sendiri adalah pelahab buku yang akut. 95% bukunya berbahasa inggris, 80% buku tanpa gambar. Haiyah, buku sudah jadi pemandanganku sejak kecil.

Kata mamaku dulu, waktu aku kecil malas baca buku. Mama membelikanku buku bacaan bergambar dan beberapa komik. Sejak saat itu aku mulai tertarik membaca. Kami punya koleksi Garfield berbahasa inggris, aku langganan majalah Album Donal Bebek, dan semua seri Mengapa Begini Mengapa Begitu menjadi buku ilmu pertamaku.

Hingga sekarang minatku terhadap komik (sejak Mari-Chan, Dragon Ball, KungFu Boy, serial misteri dan serial cantik, hingga serial detektif) masih sangat kuat, beriring juga mulai mengenal yang namanya novel (Mira W, Fira Basuki) ataupun buku fiksi tanpa gambar (Goosebumps, Fear Street), seri Mitologi Yunani dan seri cerita rakyat indonesia yang aku sering pinjam di perpustakaan sekolah SMP/SMA ku.

Jumlah Buku Yang Dimiliki:
Wah, jangan tanya berapa jumlahnya, aku belum pernah menghitungnya.
Akhirnya aku sendiri mempunyai koleksi beberapa seri buku kesukaanku, seperti:
Serial Pasukan Mau Tahu, Sophie Kinsella novel’s (Shopaholic etc & Can U Keep a Secret), semua novel Fira Basuki (Jendela, Pintu, Atap, Biru, Rojak, Alamak, serial Miss B), sebagian besar novel Mira W, komik Detektif Kindaichi 23 buku, komik Detektif Conan 41 buku dan yang edisi spesial 20 buku, seri Mitologi Yunani lengkap, Album Donal Bebek sejak aku umur 6 SD sampai 3 SMA (1 dus besar), komik-komik keluaran Aya Media (Smurf, Johan & Pirlouitt, Steven Sterk, 3 Cewek Badung, Agen Polisi 212, Bob Napi Badung, Snuse, Chlorophyl, Spirou & Fantasio, etc), seri Harry Potter lengkap, seri petualangan Tintin lengkap, dan masih banyak lagi.

Lemari 1 Lemari 2

Gambar bisa diperbesar

Buku Yang Terakhir Dibaca:
Da VinciDa Vinci Code, hasil pinjam dari Mas Q. Makasih ya mas.. bukunya bagus banget.
Meskipun aku membaca terjemahannya, aku menikmati setiap chapternya yang selalu menegangkan! Dan Brown berhasil mendeskripsikan cerita fiksi yang kadang susah diambil garis fiksi dan faktanya. Cerita perburuan harta karun seperti karangan Enid Blyton selalu jadi favorit ku, begitu pula dengan buku ini.

  • Memburu teka teki dari Paris hingga London.
  • Menguak konspirasi tentang Yesus Kristus (Hey, aku masih belum bingung mengenai kebenaran bahwa Yesus punya anak dengan Maria Magdalena si gadis bangsawan berambut merah. Karena itu keturunannya berambut merah.)
  • Kejamnya kemelut ’sejarah’ vs. ‘agama’ yang makin membingungkan pembaca (Sejarah itu hasil tulisan manusia, dan Tuhan tidak mem-fax Kitab Suci ke dunia, bukan? Bisa jadi Kitab Suci itu sudah di edit oleh peninggi Vatikan?!)
  • Rahasia-rahasia dibalik lukisan Da Vinci yang membuat aku penasaran untuk lebih memperhatikan detail-detail ataupun pesan tersembunyi.
  • Kisah cinta yang bersemi selama perburuan teka-teki harta karun The Grail (= apa itu The Grail ataukah siapa itu The Grail).
  • Dan yang paling mencengangkan bagiku, apakah patrilinealisme selama 2 milenium ini adalah hal yang salah, karena seharusnya dunia dipimpin oleh perempuan (matrilinealisme).

Tidak heran buku ini laku keras!

Buku Yang Terakhir Dibeli:
Aduh, apa ya? Sudah lama ngga beli buku, apalagi sejak menyibukkan diri dengan skripsi.
5 Buku Yang Penting buat aku sekarang:
Ke 5 buku Sherlock Holmes yang dikarang oleh Sir Arthur Conan Doyle. Buku-buku inilah yang memulai debut ku membaca buku tanpa gambar. Ke5 buku itu adalah: Petualangan Sherlock Holmes, Memoar Sherlock Holmes, Kembalinya Sherlock Holmes, Salam Terakhir Sherlock Holmes, dan Koleksi Kasus Sherlock Holmes.
5 orang yang mau tak lempar Tag Book:
Sepertinya demam Book Baton sudah mulai sepi, jadi akan sangat BasBangTutPretCuwih™ kalo aku nyempetin untuk nyambit yang lainnya. ๐Ÿ˜€
***
Tambahan: Azil minta di timpuk, maka saya timpuk dia dengan Book Baton! So, ditunggu postingannya ya, Zil.

You Might Also Like

16 thoughts on “Book Baton
  1. LHo, di koleksi komik gak ada “city hunter?” gak lengkap tuh

    btw, Hare genee baru baca Davinci code? huh, basbang.com !

    hihihi.. *kabuuur*

  2. tentu tentu kitab itu bukan jatuh dari atas seperti buku jatuh dari tumpukan, sayang kamu tidak nonton discovery channel 3 hari lalu, atau mungkin kamu bisa cari rekaman nya; “Conspyracy on trial; Da vinci” Code. Mungkin kamu akan lebih tercengang lagi kalau kamu menonton program Discovery channel itu. Dan sekali lagi dalam indeks buku, buku tersebut tidak masuk dalah kategori teologis, filosofis atau lain nya tapi dalam kategori fiksi.

Comments are closed.