Golda Memasak?? Aarrgghhhh!!!

Sejak kapan aku memasak? Dunia sudah gila rupanya. Sejak kecil aku tidak tinggal dengan my mom, tapi dengan papah dan bersama kakek nenek. Nenekku sendiri memang suka terjun langsung ke dapur mengawasi pembantu memasak, tapi selalu mengusirku bila sudah bermain-main dengan makanan. “Ngrusui wae“, katanya.

Tinggal dengan my mom tahun 1991 juga tidak membuat aku menyentuh dapur, karena my mom sendiri tidak pernah terjun ke dapur. Saat my mom masih kecil juga sering diusir oleh nenek untuk tidak ‘ngrusui wae‘.

Selama tiga tahun di SMP ada pelajaran PKK Memasak. Paling tidak, aku pernah bisa memasak, walopun tidak handal karena practice makes perfect, yearite. Ya ya ya.. aku tidak bilang bahwa aku tidak bisa memasak, tapi sekarang aku bisa bilang bahwa aku tidak suka memasak. Kenapa? Karena aku paling tidak suka melihat dapur kotor karena lengket percikan minyak goreng. Lebih baik dapur itu digunakan untuk merebus, mengukus dan memanggang. Atau paling tidak menggunakan microwave oven. Kalaupun ingin yang digoreng, mending beli di luar deh.

Pagi ini aku memang out of my mind. Beberapa hari yang lalu aku mengidam Mashed Potato, atau sering juga disebut Puree Kentang. Aku sudah beli kentang, bawang bombay, jeruk lemon/lime, margarine bluben dan susu putih segar. Baru pagi ini aku punya motivasi (niat) untuk membuatnya. Berikut penjelasannya:

Ambil dua kentang ukuran sedang, potong-potong melintang supaya nanti mengupas kulitnya mudah. Ambil panci diisi air yang cukup untuk merendam semua potongan kentang, masukkan 1 sendok makan garam dan sedikit merica putih bila ingin agak pedas. Tutup panci, dan rebus hingga kentang menjadi empuk. Menunggunya jangan sambil chatting ya, hehe..

Setelah empuk, angkat semua kentang, kupas kulitnya seperti mengupas jeruk. Gampang banget koq, asal hati-hati karena kentangnya cukup panas. FYI, kalau kulitnya bersih, bisa dimakan, tapi kalo ngga doyan ya ngga papa dibuang. Setelah semua kentang sudah dikupas, hancurkan dengan menggunakan garpu besar yang banyak giginya. Tambahkan dua sendok margarin bluben dan setengah gelas susu putih segar kedalam lumatan kentang, hancurkan hingga lembut.

Ada tambahan, sesuai selera, potong-potong 1/4 bawang bombay bentuk kotak-kotak kecil, dan peras satu buah jeruk lemon/lime untuk menambah rasa segar. Campurkan semua itu kedalam lumatan kentang. Done.. berikut screen shoot:
Mashed Potato
Resep didapat dari ibunya Kori di Yugo.

You Might Also Like

11 thoughts on “Golda Memasak?? Aarrgghhhh!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *