Mimpi Aneh #2

Aku baru aja mimpi, begini:

Di belakang rumah yg serba putih (semacam villa / rumah peristirahatan ) kecil, ada taman yg isinya hanya rumput panjang, 2×4 meter, dan tiap dindingnya tinggi + pintu menuju rumah. Kukang (Slow Loris) yg sedang aku pegang, aku taruh di dalam kardus, tidak kututup, ku taruh ditengah rumput supaya bisa jalan-jalan.

Sepertinya 2 hari kulalui tanpa nengok/main bareng Kukang karena selalu pulang saat hari sudah gelap, dan susah bagiku untuk mencarinya dalam kegelapan. Hari ketiga, aku pulang sorean dan mengambil Kukang yg masih tidur terlelap dalam kardusnya. Di sebelahnya terdapat 2 anak tikus mati dan mulai membusuk. Ku ambil Kukang dengan mengangkat badannya yg sudah kulapisi handuk kecil supaya tidak menggigitku, karena aku mau membuang bangkai tikus.

Agak repot melakukan hal itu dengan hanya 1 tangan, sedangkan tangan satunya repot menghindar dari gigitan Kukang (konon katanya mempunyai sejenis racun). Alhasil, bukannya membersihkan, malah membuat ribut Bapak yg sedang tidur di kamar sebelah, dan air dari selang membuat becek dimana-mana. What a mess.

Tiba-tiba aku melihat sejenis Kukang juga di salah satu sudut taman. Aku ingin menangkapnya. Eh ternyata lompat cepat menghindariku menuju atap (normally, Kukang ngga bakal melakukan hal tsb. Asumsiku, itu bukan Kukang). Aku kesal, disaat yg sama aku juga ingin membersihkan bulu-bulu Kukang yang sedang aku pegang karena lumayan bau. Repot deh pokoknya.

Lalu, aku terbangun dari mimpi dengan dahi lumayan keringetan. Sepertinya mimpi yang stress, antara ketakutan dan marah. Ohya, aku ngga punya Kukang, tapi aku pernah pegang.

Tiba-tiba aku merasa mellow, sedih, seperti kehilangan sesuatu, dadaku sesak. Dan aku menangis.

You Might Also Like

22 thoughts on “Mimpi Aneh #2
  1. Interpretasi sok psikologis:

    Kukang atau binatang kesayangan adalah symbol dari hal atau seseorang yang disayangi. Tikus mati itu adalah symbol dari problem yang menghalangi hubungan dengan hal atau seseorang yang kamu sayangi tersebut. Kamu ingin membersihkan hubungan kamu tersebut, tapi hal itu sulit. Mungkin temen deket kamu atau keluarga (bapak tadi) juga terlibat dalam hal ini, tapi bukannya bantu malah nyusahin, what a mess.

    Di saat kamu sedang sibuk seperti itu, tiba-tiba ada hal atau orang lain yang juga menarik perhatian kamu. Kamu ingin merengkuhnya juga, tapi kamu teringat masih ada masalah nih dengan kukang lama. Di saat yang sama kukang baru ternyata juga menjauh dari kamu.

    He he gimana? Nggak ilmiah banget ya?

  2. hai, saya hanya bisa mengartikan sebagai berikut:

    rumah dalam kajian psikologis selalu menjadi simbolisme dari jiwa kita, sedangkan halamannya merupakan refleksi dari pekerjaan kita. kamar, menggambarkan salah satu aspek dari diri, adapun air melambangkan emosi.

    Saya tidak tahu makna dari kemunculan kukang, tapi setahu saya kemunculan binatang dalam mimpi melambangkan salah satu aspek dari kepribadian kamu, tentunya bisa diterka melalui sifat-sifat yang menonjol dari seekor kukang yang kurang lebih mirip dengan kamu.

    ketika menangani kukang kamu hanya menggunakan satu tangan saja, tangan sendiri adalah gambaran hubungan kamu dengan orang-orang di sekitar. Dengan demikian, puzle-puzle itu bisa disusun sbb:

    tampaknya ada sebuah masalah dalam hubungan kamu dengan orang-orang di tempat kamu bekerja, barangkali karena sifat kamu yang tidak klop dengan orang-orang di sana atau bahkan dengan pekerjaan itu sendiri, dan sepertinya hal itu telah mempengaruhi diri kamu sehingga membuat kamu tidak dapat menahan emosi.

  3. masih beruntung bisa mengingat-ngingat cerita dalam mimpi, lha aku nih ga pernah inget mimpi.
    kek tadi malem, aku beneran mimpi tapi ga inget jalan ceritanya sama sekali…
    bersyukurlah masih bisa mengingat mimpi…

  4. gua br ja mmpi aneh. rumah gw kena gempa hebat,,tp gw and kluarga gw gpp. selamat dr gempa itu,rmh gw jg kgak rusak ato hancur sdikitpun. napa ya? ada yg tau ga arti mmp gw itu?

  5. dulu gue juga punya kukang, gw sayaaaang banget sama dia, gw rawat dia sampe bulunya tebal, badannya juga gendut, dan baunya!!!! waduh, pokoknya gw sayaaaang bgt sama kukang gw, tapi tiba- tiba dia mati ga tau kenapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *