Christmas Tree On First Of December

Ketika aku kecil masih di Malang, awal Desember aku dan papa menyempatkan untuk memasang pohon natal berdua. Tidak terlalu tinggi seperti di rumah Sherly yang selalu besar, tinggi menjulang, penuh dengan ornament natal. Yah, kira-kira 2 meter-an lah (menurut perkiraanku ketika masih kecil). Nah, sambil memasang itu semua, papa menyetel lagu-lagu natal dari Boney M.

Mulailah memasang batang utama (hehe, walopun hanya dari plastik tapi memorinya itu sangat berharga), lalu memasang cabang-cabangnya. Aku ingat,aku cukup sabar memasang satu-satu, sedangkan papa bolak-balik ke bawah (ke depan toko) bila ada pelanggan. Ketika sudah selesai, saatnya memasang lampu natal. Emang dasar papa, dia ambil saja lampu itu dari dagangan toko dan aku yakin ketika pohon ini sudah dibongkar, lampunya akan jadi barang dagangan lagi, hihihi.

Papa mulai mengeluarkan ornamen natal yang lumayan berbahaya karena dari kaca. Aku takut sekali kalau pecah akan mudah melukai tangan/kakiku. Ornamen ini biasanya dijual 1 dus isi 6 piece, tapi ornamen di rumah jelas sudah tidak lengkap karena mudah pecah tadi. Mungkin juga karena kecerobohanku.

Untuk menggantung bintang di ujung pohon, biasanya dilakukan pertama-tama (walaupun menurut adat di Barat, pemasangan bintang biasanya terakhir oleh orang paling tua di rumah, biasanya kepala keluarga).

Terakhir, pemasangan kapan gulung sebagai salju. Ini yang paling mengasyikkan. Papa sengaja memberi kapas gulung yang cukup murah (kertas bungkusnya berwarna ungu). Kapas tersebut digelar dari ujung pohon menuju bawah seperti terlihat seakan salju jatuh.

Aku suka menambahkan tumpukkan kapas di bagian akar/penyagak batang pohon natal. Aku tambahkan yang banyak sampai penuh, sambil membayangkan salju tebal. Tidak lupa, aku taruh mainanku terbaik (lego-lego yang sudah berbetuk rumah, lego-kereta kuda, lego-orang, dll)

Bagian paling seru adalah, ketika malam menjelang waktu tidurku, aku mematikan seluruh lampu di ruangan pohon natal berada (pohon natal berada di pojokan), lalu menyalakan lampu natalnya sambil mendengarkan lagu Silent Night.

You Might Also Like

12 thoughts on “Christmas Tree On First Of December
  1. Natal pas kecil memang memori yang nggak bisa hilang. 🙂

    Sampai sekarang pun, Pohon Natal menjadi sebuah keharusan, bahkan saat rumah sudah berganti, keluarga pun sudah extended. 😀

  2. Golda,

    I am wishing you a joyous holiday season and truly a festive prosperous new year of 2007. May all the blessings be upon you and the family..

    Hoping to hear from you soon and kind regards from West Africa 🙂

    PS: I am staying put for the holidays and NY’s eve.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *