Diet Lagi Deh..

Hehehe.. malu juga ngeblog tentang berat badan.. tapi gpp lah. Namanya juga diari ku.

Pertama kali mbuat blog ini, berat badanku mendingan.. 59-60 kg. Fyi, tinggiku 164cm. Karena putus cinta, beratku sempet turun drastis menjadi 52kg (the lowest). Fotonya ada di salah satu blogspot temenku, tapi aku belum nemu urlnya sampai sekarang. Nah, waktu itu tuh pas lagi magang di RSPI ngerjain skripsi, jadi pas lagi stress dan hectic. Pas kurus itu juga dapet pacar. Karena keenakan punya pacar, jadinya makan sini situ.. nambah berat badan dan balik lagi ke 60kg.

Kata mamaku, setiap orang punya default berat badan. Jadi kalo aku kurus krn dipaksa/disengaja, pasti akan balik lagi ke default berat, dan mamaku tak henti-hentinya bilang bahwa 60kg itu masih ukuran body mass yg normal. Hanya saja, karena kita hidup di asia yg rata-rata kurus, jadinya bentuk tubuhku berasa besar (gemukan).

Awal 2006 habis itu ganti pacar juga makin makan sana sini.. malah sekarang jadi 64-66kg dan ngga turun-turun sampai sekarang. Yah, karena hectic punya bos baru, jadinya urusan badan masih dikesampingkan. Beberapa kali ketemu temen lama, semua orang bilang “koq gemukan ya?” dan aku hanya bisa jawab “iyah hehe, lagi seneng menikmati hidup”.

Bukan berati aku ngga mencoba kurus, tapi ya ngga gampang secara aku bukan orang yang disiplin. Ririn saja sejak SMP mencoba menurunkan bobot badannya juga belum berhasil. Target dia sih pas resepsi pernikahannya nanti pengen sudah terlihat kurus, tapi progressnya pun belum mulai. Kita berdua sudah coba dari pil pelangsing yg dibintangi Venna Melinda, yeah.. boker-boker tiap pagi (pas lg meeting) dengan perut melilit benar-benar menyakitkan. Trus coba Herbalife, bayar mahal tapi kurang disiplin dari aku dan penjualnya. Beli WRP pun cuman diminum begitu saja, again.. kurang disiplin, atau lebih tepatnya tidak disiplin. Terakhir, Rini mengenalkan aku tentang Teh Kombucha. It was 2 months ago, dan sampai sekarang aku masih belum berhasil harvesting jamur kombucha. Sementara ini aku masih rajin minum teh hijau hampir setiap hari dan setiap saat.

Dibilang tidak ada usaha, tidak juga, tapi juga kurang kuat. Aku tidak berolahraga, itu saja sudah salah. Tapi kapan waktu yg pas? Pulang kerja, sudah capek, pengen rebahan saja di rumah. Pagi-pagi masih ngantuk, apalagi jam tidurku cukup lama.. normalnya 10 jam lah. Mikir-mikir mau pindah ke apt supaya bisa olahraga (dan pulang olahraga tinggal mandi & tidur.. tanpa harus nyetir pulang) tapi masih angan-angan. Malah jadinya nyari rumah mungil yg idaman (alias mengeluarkan kreativitasku akan mendesain denah rumah & interior).

Sudah lama sebenernya aku sempet beli jus mega diet di GNC, harganya cukup mahal. Gampang saja, 1 botol jus ini dicampur air 1:1 lalu diminum selama 2 hari tanpa makan apapun, hanya minum air, dijamin turun 5kg. Sebenernya aku sudah lupa ttg jus ini, karena aku harus mencari wiken sabtu dan minggu unt dihabiskan di rumah saja tanpa pergi-pergi, hanya tidur & nonton tv. Baru kesampean hari ini.

Problemku tentang berat badan & makanan sebenernya terletak di nafsu makanku yang selalu craving in every 2 hours. Mulutku gatel pengen ngunyah & menelan. Waktu berat badan ku turun yang aku ceritakan di paragraf pertama, itu disebabkan oleh turunnya emosiku yg membuat aku malas melakukan apapun, jadinya males makan. Aku bahkan sudah melewati perih lambung pertama (asam HCL menusuk-nusuk dinding lambung, mengakibatkan rasa kenyang padahal kosong) setiap hari. Hari-hari dilanjutkan malas makan sampai akhirnya lambung terbiasa dengan asupan porsi makan yang sedikit.

Nah, itu yang aku kejar, mengurangi nafsu makan alias asupan porsi makan. Untuk mendapatkan itu, apa aku harus melewati yang namanya putus cinta? Jangan lupa, membangun cinta itu menggunakan hasrat, angan-angan, kebersamaan, komunikasi, dan makan sana sini. Itu juga tidak gampang. Cara lain mungkin, menyibukkan diri dengan hal yang sangat menyenangkan bagiku, belajar AutoCad, nonton serial kontinyu, etc.. tapi itu semua tidak tahan lama, tidak selama putus cinta, gagal lagi.

Aku pikir, apa ada gak sih pil yang membuat kita lupa sama makan? I think I need that. Bukan berati aku tidak ada olahraga lho. Di kantor masih bisa angkat-angkat barang, jalan ke pertokoan untuk makan siang, apapun untuk berolahraga kecil-kecilan. Memang, kunci menurunkan berat badan cuman 1: mengurangi asupan makan.

Dengan meminum jus dr GNC hari ini dan besok, aku harap aku ada pengurangan berat. Puasa makan ini cukup susah, apalagi pas menyibukkan dengan milis eh malah melihat foto-foto makanan dari Jepang, hehehe.. Mulut sudah gatel pengen mengunyah & menelan, walopun jus sudah membuat lambungku ngga laper. Intinya, harus ada distraction dari craving food. Mudah2an.. berhasil.

You Might Also Like

74 thoughts on “Diet Lagi Deh..
  1. Kuncinya Disiplin sus, kalau emang mau kurus.
    Lo harus mau menahan nafsu makan elo selama lo dalam program. Mau program apapaun yang lo ikutin, pasti sama aja, selain pake produknya, lo juga mesti mengurangi asupan makanan ke tubuh elo.
    Ga cuma ngandelin produk itu aja.

    Emang harus ada yang dikorbankan kalau ingin mencapai sesuatu. Masalahnya, kita mau ga mengorbankan nikmat yang sesaat, demi kepuasan jangka panjang.
    Susah memang, tapi kalau berhasil, pasti bahagianya ga akan terungkap sama kata kata deh

  2. yeah, melihat kalian makan enak di depanku (waktu itu sih masih bisa tahan) tapi ini skr malem2 aku ngerebus buncis & bawang putih + stengah sendok garem.. uhh.. *kunyah kunyah*

  3. Hehehe.. repot ya? Saya malah sekarang lagi pengen gemukan. Bagi dikit dong, gemuknya! 😉

    Denger temen pengen kurus seringkali malah pengen nasehatin: jangan dipaksain! Soalnya saya sendiri pernah jatuh sakit cuma gara2 makan ngga teratur. Jadi ngeri kalau sampai kekurangan gizi (takut ngga kebal virus penyakit2 yg lagi marak).

  4. Dear Golda,
    Sekadar sharing pengalaman aja nih tentang usaha untuk menurunkan berat badan.
    Aku pernah mencoba usaha terakhirmu itu yaitu minum jus (mirip2xlah)only for 3 days. Ini namanya diet detoks. Bagusnya setelah melakukan diet ini aku jadi alergi sama yang namanya gorengan, cemilan msg, popcorn extra mentega, dll. Bawaannya pengen makan yang seger2x. Gara2x detoks ini aku jadi doyan makan sayur dan buah. Sayang diet ini merepotkan karena harus menyiapkan segala macam jus untuk makan pagi, siang dan malam. Waktu program itu aku ambil cuti. Setelah program harusnya jadwal makan nasi sudah boleh untuk siang ajah tapi pagi dan malem tetep jus sayur/buah atau potongan buah. Ini yang tidak dapat aku lakukan karena repot nyiapinnya, masak harus cuti terus. Gak ada salahnya program detoks ini dicoba kalo gak kuat coba 1 hari dulu, terus 2 hari, trus 3 hari setelah itu normal seminggu sekali ada 3 hari khusus untuk diet jus tok. Dijamin sebulan bisa turun 5 kilo-an. Aku malah pernah program 6 hari diet jus healthy choice dan turun 3 kilo, tapi yoyo lagi. Abisnya suer repot banget nyiapin makanan tiap pagi. Aku pernah baca artikel tentang diet yang yo-yo ini, kuncinya harus menyusun menu diet mingguan, kayak pagi jus dan potongan melon, siang nasi+ lauk… , sore kentang rebus, malam jus jeruk dst. Anyway, semoga berhasil menurunkan bb apapun model diet yang dipilih.

  5. Salam kenal..Sebenarnya aku juga lagi usaha nurunin berat badan, soalnya dulu sebelum nikah BB mentog sampe angka 46kg(TB 163cm)..sekarang 57kg gak bisa turun lagi :(pgnnya BB 50kg)..kebetulan kemaren waktu ke Gramedia nemuin buku “Fat-loss not Weight-loss, Gemuk tapi Ramping”, penulisnya dr. Phaidon L. Thoruan, MM..menurutku bukunya bagus banget :)…aku jadi semangat nurunin berat badan niy..coba baca bukunya deh..siapa tau bmanfaat bagi Golda dan teman2 semuanya 🙂

  6. susah bgt nie w jg kurusin badan padahal dch minum teh hijau jamu pelangsing ya… segala macem lah tapi blm jg ada efeknya!!aneh dch waktu w kerja ditmpt kerja pertama padahal dkt bgt dari home w tuch kurus 45 kg, tapi setelah w kerja ditmpt jauh dari home malah berat badan w naik??kata orang2 deket w sch itu karena w selalu senang dan bahagia dgn tmpt kerjaan skrng ya syukur dch!!tapi berat badan w itu lochh jadi 53 kg!!!!akghhhhhhhhh#$%$^$%&#^^%%$#%

  7. caranya gampang koq klo kurus .
    gini caranya coba kurangin makanan yang masis” sama yang goreng”an itu aj koq buat awalnya gampangkan.
    Ditambah olahraga setiap hari 10 menit aj ga usah lama”
    gitu koq gampang itu juga skalian ngurangin lemak .

  8. Saya pun kepingin kurus, karena udah ndut banget. Diet udah di coba tapi hasilnya belum memuaskan. Tapi aku pingin ceritain pengalaman temen2 kerjaku yang berhasil menurunkan BB. yaitu, pijat ke daerah pasar / terminal tingkir Kota Salatiga Jawa Tengah, namanya bu Ika.Memang sih, ada ramuan yang harus diminum and harus pantangan makan macem2, tapi hasilnya rata2 bisa turun 3 sd 5 kg dlm 1 minggu. Pingin coba? aku udah nyobain dan hasilnya dalam seminggu ini turun 2 kg, karena ada problem ama ginjalku maka aku cuma pijet and diet. Oke ?

  9. kalo maslah diet,1.yg harus di lihat adalah jgn sekali-kali membandingkan besar tubuhmu dengan orang lain, kurangi mkan malam, dan kurangi cemilan.ok…sobat!

  10. Hai Golda… diet dan exercise tidak pernah gagal. kita yang gagal menjalankannya.tips saya, hilangkan karbohidrat sederhana seperti gula, kue, roti,nasiputih. semuanya bikin gemuk. mulai olah raga pagi 15 menit,jangan lebih. minum teh hijau sebelum olah raga. pilih musik yang kamu sukai sewaktu SMA. atmosfirnya akanmembuat kamu energik. latihan beban. 20 menit aja seminggu 2 kali. gausah lebih. yang penting enjoy.emailakukalaukamukesulitan.Phaidon L Toruan. penulis buku Fat Loss not Weight Loss

  11. nama saya dewi.
    saya sebenarnya pingin sekali yang namanya diet. soalnya BB saya 65 kg dengan TB 155.

    ada gak se,,,,caranya diet yang cepat itu?

  12. hi, lam kenal ya, ak iseng2 aja search di google ttg diet *lg diet juga nih critanya*
    ak tau obat yang bikin kamu g nafsu maem..namae obatnya…hmmm…haha ak lpa soalny obatnya ta tinggal di jogja, ni ak lagi musik di solo.1 pil ny hargany 7000 *mahal ..* tp dalam sehari minum 1 doank soalnya obatnya keras banget! en harus pake resep dokter karena benernya tu obat g dijual umum.kebetulan ak punya kenalan yang punya apotek di solo, jadi dapet deh, hehe. kalo u tertarik kirim aja message ke fs ku (sugarplum@kittymail.com) *ni critanya pengen buat blog g kesampean mulu!*
    ok, hidup diet…hehe

  13. Aku juga gemuk, dan pernah nyoba produk seperti kamu (herbalife), mugkin 1 yang beda dari kamu ol, aku agak disiplin gak disiplin banget sih. namun alhamdulillah aku turun 6 kg, jadi kayanya kuncinya 1 aja deh, kudu disiplin. oc.. berusaha terus jangan putus asa..inga… inga DISIPLIN !!!!

  14. Lam knal olg, sekedar sharing dulu aku ndut 167/70. Krn pngen sehat akhirnya diputuskan diet.caranya? Makan normal3x shari tpi porsi 1/3nya.stop ngemil.kalau pengen ngunyah makan permen karet. Olah raga 15menit shari(parkir mobil lebih jauh).plus renang seminggu 1x. Setelah staun skrg BB kuw jadi 53. Lama sih,tapi Gw jg jadi ngerasa sehat aja. Eat what u want but in small portion.

  15. saya udah melakukan diet apa aja tapi malah bokap ngasih makan malam lebih dari jam sembilan ya udah dari pada mubadzir yang aku makan tapi sampai saat ini aku udah nyoba nahan nafsu makan aku nggak bisa terus. bingung maunya sih turun cepat tapi nggak bisa suliiit capek deh??

  16. jangan patah semangat y,,
    oia dulu berat badanku 70 lebih lupa persisinya berapa terus aku coba gak makan eh malah pas sekalinya laper jadi banyak banget makan nya,akhirnya aku pilih buat puasa lumayanlah turun berat badanku,,trus aku mau mencoba lagi yang lebih cepat aku minum obat pelangsing yang sempat dilarang memang cepet turunnya tapi akhirnya tiap malam aku gak bisa tidur karena jentungku berdebar-debar kencang tapi bisa kurang lebih 1 kilo turunnya,karena aku takut knp2 akhirnya aku berhenti dan mencoba senam yang ada di vcd2 seperti “fitness with bellydance” trus”i want that body” olahraga bikin berat badan ku lumayan stabil tapi aku harus jaga makanan ku,,coba dh latihan senam lewat vcd n jangan minum air dingin karna bikin perut buncit,,ok
    good luck ya ^-^

  17. tolong dun kasi ide ke alamat email seCepeTna Loh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!~

  18. sekalian dong, harganya berapa??? plizzzz Golda, I think I really need that right now. cuma boleh diminum selama 2 hari yaaa? gak bisa lebih? gw mesti nurunin berat gw sekitar 15 kilo gitu.thanx yaaa

    sekarang gw lagi konsumsi kapsul fatloss. tapi cuma berkurang 1 kilo dalam 1 hari. itupun gw mesti banyak exercise tanpa konsumsi nasi sedikitpun.

  19. Masalah Kita sama, Ak pernah mengalaminya. Tapi sekarang ak udah dapat menurunkan 10 kg dalm 6 bulan. lumayan untuk ukuran ku. Caranya hanya ada 2 yaitu batasi makan manis dan gorengan dan olah raga teratur. Cukup it. Selamat coba……..

  20. stressssss dan sebelllll kalau mikir kok berat gue gak bisa normal lagi semenjak melahirkan, padahal gue tau suami gue pengen gue sexy kayak dulu, sedih……

  21. stressssss dan sebelllll kalau mikir kok berat gue gak bisa normal lagi semenjak melahirkan, padahal gue tau suami gue pengen gue sexy kayak dulu, sedih……

  22. hemm………….tnyta sama y??q jg lg diet,eh g trun2.tapi,easy going aja.dbwat santai tp pasti.asal cow.km msh bs nrima y nyantai aj.eh_eh kalo da yg pnya tips diet pling manjur,krim ke email aq y????da golda……smangat!!!!!!

  23. sekarang aku lg diet .krn lg patah hati…aku makan siang hanya makan buah buahan, mlm susu non fat,emang sih lemes 2 hr pertama,tp hari berikutnya,malah seger, 2 minggu lalu aku 62 kg,sekarang udah 60 kg

  24. aduh sebel banget deeh. badanku nggak bisa kurus2…. aku mau tau dong dimana bs beli GNC dan harganya berapa ……pls

  25. Aku udah coba diet macam2.Capek.Jadi akhirnya ke dokter akupunktur.Seminggu 1x ditusukin jarum dan pantang makan gorengan….harus makan yang rebus2 atau grilled.cuma sayur dan buah-buahan.juga makan obat detox.baru aku jalanin 2 minggu sih.tapi bbku udah turun 2,5 kg.kalau begini terus ga tahu bisa langsing seterusnya ga ya.karena berat banget.yang ga nahan itu kagak bisa ngemil.aku harus nurunin bb sekitar 15 kg karena gemuk banget sih.doain berhasil yee.thq

  26. aku juga mo tanya Beli GNCnya dimana ya aku juga dagh capek niey gendut walo kata pacarku gak apa2, tapi kalo aku putus cinta malah mo nya makan melulu dagh gitu sekarang punya cowo juga malah makin sering “menikmati hidup” tolong bantu aku kasi tau yaa belinya dimana ???????

  27. haiiiiiiiiii……….
    met kenal ja mbak golda and semua’y………..
    berat bdn ku sgt2 OVER….ak br usia20 thn BBku 88/160…..”bs banyainkan bentuk badanku gmn……..

    ak dah mencoba segala OBAT,dll… tp msh te2p ja gemuk……..

    setelah ak baca semua’y……
    kyknya ak akan menjalanin semua saran2 yg dah comment.

    thanks ya bt mbak golda n yag dah comment…..

    ak dah

  28. aku jg lg diet skrg neh…alhamdulillah dalam 2 mingguan badanku turun 2,5 kg. aku emang batasi makan, terutama yg manis, roti n gorengan. pagi aku hanya makan sbutir telor n sayur. makan siang nasi porsi sedikit tambah sayur n lauk pauk. sore sebnrnya sih gak pakai nasi, tp krn aku gak bisa, jd pakai nasi walau sedikit tambah sayur jg. hari2 prtama emang lemas, tp jalani aja, n skrg udah biasa gak makan banyak. mudah2n aja program dietnya bs berjalan…..doain ya…targetnya jadi berat 50 an kg ni..

  29. salam kenal ya mbak,saya widi!saya juga punya problem kyk kmu,berat saya terlalu over bgt!saya telah mencoba segala produk apa saja untuk menurunkan berat badan tapi hasilnya nol,terakhir saya mencoba termolyte plus tapi sama saja tidak ada perubahan.Saya sbentar lagi akan menikah calon suami saya menginkan agar bb saya turun,setelah saya konsul ketemen2 saya mereka menganjurkan untuk berolahraga sedangkan saya dikantor berolahraga seminggu 3 kali tapi perubahannya hanya 1/2 kilo saja.Akhirnya saya sempet stress juga memikirkannya suatu saat tante saya meberikan resep diet,yaitu diet tanpa nasi,gula,etc!sebenernya sy pikir2 pasti akan lemes tapi sya telah coba alhamdullilah dalam wkt 1 minggu saya turun 5kg pasti anda tidak percaya yang saya katakan.Tapi ini sudah syaa buktikan,tapi klo anda tidak kuat lebih baik jangan dicoba.Cobalah makan yang direbus,tahu,tempe,segala macem sayran juga direbus tidak memakai garam,setelah itu makan sop yaang tidak diberi garam,atau bila ingin sop anda ada rasanya coba paki kaldu dari ayam dan anda harus memakannya pas panas2 pasti enak,bila anda ingin makan yang lain ayam atau ikan coba dibakar atau hanya dikukus,pasti dalam waktu 1 minggu bb anda akan turun seketika.Tetapi bila anda tidak kuat lebih baik jangan mencobanya.selamat mencoba dan semoga berhasil

  30. saya juga lagi diet nih. Biasanya saya rutin detoks 4 bulan sekali, tapi ini dah 7 bulan belum detox lagi. Padahal november lalu saya detox 7 hari dgn cuma konsumsi jus buah dan sayur, berat badan saya turun 5 kg. Trus anak saya (14 tahun) dulunya nampak gemuk, detox 7 hari + gak makan nasi 1 bulan badannya langsing dan turun 6 kg, so semua celana panjangnya longgar sampai ada yang 10 cm. ya…begitu aja sekedar sharing pengalaman.

  31. aku dulu juga ngrasa gemuk banget,tingggi 159 n bb 52.tapi alhamdulilah sekarang udah turun jadi 44 kg,aku sendiri gak diet ketat banget.pagi gak pake sarapan tapi minum susu iow fat,siang ma malam baru makan nasi dengan porsi yang kadang banyak n kadang dikit lo lagi gak nafsu.bahkan antara selang waktu siang ke malam masih ngemil tapi yang gak berlebihan,turunnya bb secara bertahap itu lebih baik daripada yang instan.mungkin itu semua dibantu karna aku menyusui jadi ya lebih cepet turunnya.yah smoga kamu bisa diet dengan cara yang sehat

  32. apapun itu jenis diet, yg penting niatnya. ada target pengen apa gtu lho mbak…biar qtanya semangat.sharing aja, aku 6 bulan yg lalu BB smpt 68 kg lalu terapi alternatif totok yg pantangannya mengunyah.artinya cuma bs minum dan mkn yg lembut2, alhasil jus buah dan buburlah menu sehari2.dlm 1 minggu hy boleh mkn nasi lengkap 1 porsi 1 kali, kebayang brp turunnya??
    dlm 1 bulan prtmabs trn 4 kg!!!!buatku bener2 progress bgt, krn bgtu byk program apa aja tlah d coba tp plg banter 1 bln trn 2 kg, biz itu naeknya 4 kg hahaha….payah!!!
    dlm 4 bln trn 10 kg, but something happens jdnya skrg naek 4 kg hehehe…this week start again with jus buah and bubur gandum….biasa, mau ketemuan ama calon suami yg jauh2 dtg dr luar kota hahahaha….
    tetep semangat mbak…mottoku sih:”diet seumur hidup”

  33. mbak nanti klo dietnya berhasil jangan lupa kasih tahu rumusnya yach.. coz q jg sm kaya’ mbak susah banget ngurusin badan.. he..

  34. skrg aq juga lagi coba tuk diet, tapi tdk terlalu ketat,usaha ku hanya coba tuk ngurangin makan nasi, + ditambah konsumsi produk milelea(greenfiled), meski rasanya ga enak bgt, tapi tetep aq coba,coz katanya bagus, selain itu produk ini berfungsi sbg detok dalm tubuh. n banyakin to makan sayuran,buah n air putih+olah raga. coz motifasiqu mudah2an dibln agustus th ini pas acara pernikahan ku aku harus bisa menurunkan brt badan qu dr yg skrg:), alhasil hampir 1bln ini, ya clana kerja qu dah agak longgaran dikit:)(blom tau turun brp kilo)
    ohya usahain tuk makan siang aq saranin makan gado2 aja, tapi jgn pake nasi/lontong, ya sesekali boleh lah,,,

  35. salam kenal……
    aku ud gerah banget dengan bb ku, bb ku 78 tinggi 157 gendut banget kan…..hari ini aku beli termolyte plus…..ktnya bs ngurangin nafsu makan….banyak banget yg ud ku coba mulai minum obat cina (tp bikin pusing …..) minum jamu ( bikin boker2 ampuuun deh)…..mdh2an dgn minum termolyte bisa ngebantu…ya…
    pengen daftar di gym…tp kok malu ya……
    ada yg punya ide lain nggak…sy bener2 perlu support nih…please…

  36. Salam kenal..

    Kombucha bisa koq dijadikan sarana untuk diet. Tapi tetap saja harus dibantu dengan rutin olah raga dan disiplin tidak ngemil. Selain itu harus dijaga juga makanannya, jangan yang digoreng / terlalu banyak minyak.

    Untuk informasi diet dengan Kombucha, bisa lihat informasinya disini:
    http://indokombucha.wordpress.com/2010/01/08/bagaimana-menurunkan-berat-badan-dengan-kombucha/

    Sekedar informasi, indo kombucha adalah blog yang khusus membahas tentang Kombucha.
    Anda bisa melihatnya disini:
    http://indokombucha.wordpress.com

    Ditunggu kedatangan dan komentarnya ;D
    Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *