Resep Bubuk Lulur

Sebenernya sebelum akyu memberanikan diri untuk ngeblog tentang resep ini, aku yakinkan setelah googling, gak nemu resep lulur lainnya, hahahaha… *curang*

Jadi gini *saelah*.. sejak jadi anak lounge,… maksudnya suka nge-lounge kalo di bandara.. itu artinya aku terlalu sering bepergian entah ke sana kemari (kalo kata Saylow, hari ini menclok disini, besok udah disana .. *entah disananya dimana*). Ember, tahun ini banyak diberi wejangan oleh dewa keberuntungan (bukan dewi).

Yang namanya bepergian, harus siap sama yang namanya dimintain oleh-oleh.. ohya.. ada yg request no more gantungan kunci. Kemarin, Bu Est, my lovely bos sudah wanti-wanti nitip segudang titipan dari Spore, padahal minggu lalu dia baru dari Spore.. kurang beli lebih banyak lagi, katanya. Nah, kali ini anak-anak kantor sudah wanti-wanti nitip oleh-oleh bubuk lulur. Haiyah..

Bubuk lulur emang banyak macamnya, googling saja, pasti mendarat di situs-situs pendek produk-produk lulur bali. Di Bali sendiri terkenal dengan Boreh Bali Powder. Padahal yg Ririn pesan adalah lulur buat pengantin, which is Lulur Jawa yg kental aroma dan warna kunyit. Padahal kalo boleh milih, wangi boreh lebih eksotik ketimbang lulur jawa.

*Hunting…* Ya iya lah.. secara klo gw gak bawa pulang bubuk lulur, disuruh balik lagi ke Bali. Ya sama lah sama bos.. kalo gak bawa titipan dari Spore, gak boleh balik ke Bali.. *sigh..*

Kata mamaknya piptinjun, aku bisa dapetin bubuk ini dengan harga murmer di Pasar Badung, Denpasar. *Makasih Mak!* Kakiku menyusuri tangga dari arah Pasar Kumbasari melewati jembatan yang melintasi Sungai Badung.. aduh mak.. kalo ngga ada wangi-wangian ikan dan sampah, sudah ku keluarkan kameraku dengan lensa baru, nok. Naik ke lantai 2, lalu menuju ke arah tengah, penjual bubuk rempah.

Penjual rempah pertama kutanyakan, apakah menjual bubuk lulur. Ibu itu bilang “sing ada” .. *gubrak*.. “tapi biasanya ada yang beli di tempat tiang, campuran beberapa rempah ini .. ini … untuk dijadikan bubuk lulur”.. *hyaa sopo nyono, rek..*.

Bubuk rempah-rempahnya bisa dibilang komplit, rapih dan diplastik satu-satu dengan ukuran small (5000), medium (10.000) dan large (20.000). Dari yang namanya bubuk sandalwood sampai bubuk merica putih pun ada. Akhirnya, ibu niki mengambil hasil ramuan pembelinya yang suka memesan di ibu ini.. dia bilang, ada 12 kantong yang biasa diambil:

  • 4 kantong medium bubuk sandalwood powder (kayu sandal / cendana)
  • 2 kantong medium bubuk ginger powder (jahe)
  • 2 kantong medium bubuk coriander powder (ketumbar)
  • 1 kantong medium bubuk nutmeg powder (biji pala)
  • 1 kantong medium bubuk cinnamon powder (kayu manis)
  • 1 kantong medium bubuk clove powder (cengkeh)
  • 1 kantong medium bubuk turmeric powder (kunyit)

Oke, aku ambil resep yang sama aja.. urusan benar atau tidak, belakangan. Toh dari wangi-wanginya.. samar-samar mirip koq.. hehehe.. Bayar 100.000.. harga langganan, keto nok katanya.

Wangi yang paling enak ya jelas kayu manis, kedua baru jahe, biji pala dan cengkeh. Sandalwood malah kurang wangi, begitupula dengan ketumbar. Yang pasti sih, ayam goreng ketumbar memang enak.

Dari ke 12 bubuk tersebut dicampur aduk dalam wadah.. Ngemeng-ngemeng.. jadinya koq kyk Boreh beneran yah? Hahaha.. Bedanya, boreh ini pakai kunyit, jadi ada kuning-kuningnya.

Cara pakai sih sebenernya sesuai selera. Bisa dicampur dengan minyak zaitun, sambil menghirup aroma oil burner dari minyak jasmine, minyak lavender maupun lemongrass (serai).. those are my fav oil perfume. Lalu dilumurkan ke kulit, gosok-gosok sampai daki terangkat, tapi jangan sampai lecet.

Cara lain ada juga dilumurkan dulu minyaknya sambil dipijat.. baru belakangan bubuk lulur dilumurkan dengan sedikit air agar tidak terbang-terbang.

Cara lain lagi, dicampur dengan susu bubuk, .. semi lulur rempah dan susu.. hahaha.

Ohya, bonus list wangi-wangian yang tidak disukai nyamuk:

You Might Also Like

17 thoughts on “Resep Bubuk Lulur
  1. Gua juga punya resep luluran yg jitu neeehhh…
    bahan2nya adalah :
    1. semen
    2. pasir
    3. air

    cara :
    aduk ketiga bahan tsb, setelah itu tempel ke seluruh tubuh (terutama muka)

  2. klo kamu cowok jadi beli rempah nya aja nanti aku ajarin cara2 nya.klo kamu cewek aku ada teraphis nya khusus & dengan wewangian yang di jamin buat kamu relax

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *